Sunday, June 2, 2019

Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar Modul 2 Level 1

Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar Modul 2 Level 1
Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar, Bagaimana Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar? Isi Modul, Kegiatan Belajar 1
Pembelajaran Abad 21
peserta diklat mampu menjelaskan kecakapan pembelajaran abad 21 dan karakteristik pembelajaran abad 21
Sub Materi
Kecakapan Pembelajaran Abad 21
Karakteristik Pembelajaran Abad 21.

Kegiatan Belajar 2
Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kecakapan Pembelajaran Abad 21
peserta diklat mampu:
mengidentifikasi fitur-fitur Rumah Belajar yang sesuai dengan kecakapan pembelajaran abad 21;
memanfaatan rumah belajar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan pembelajaran abad 21
Pengenalan Fitur-fitur Rumah Belajar;
Identifikasi Fitur Rumah Belajar sesuai dengan kecakapan pembelajaran abad 21
Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar  untuk meningkatkan kecapakan abad 21.


Rekomendasi Bacaan
Dalam Pembelajaran Abad 21 Kecakapan yang harus dimiliki.
1. Kualitas Karakter
Iman dan Taqwa, Rasa Ingin Tahu, Inisiatif
Gigih, Kemampuan Beradaptasi, Kepemimpinan, Kesadaran Sosaila Budaya
2. Kompetensi
Berfikir Kritis dan Pemecahan Masalah
Kreativitas dan Inovasi
Komunikasi dan kolaborasi
3. Literasi
Baca Tulis, berhitung, Literasi sains, Literasi TIK, Literasi Keuangan, Literasi Budaya dan Kewarganegaraan

Hal tersebut membutuhkan Kurikulum, Pembelajaran, Perbukuan, Penilaian yang baik.

Kecakapan Pembelajaran Abad 21
Berfikir kritis dan pemecahan masalah
mensikapi ilmu dan pengetahuan dengan kritis dalam memanfaatkannya untuk kemanusiaan, mampu mengatasi permasalahan yang dihadapinya dalam proses kegiatan belajar sebagai wahana berlatih menghadapi permasalahan yang lebih besar dalam kehidupannya.


Komunikasi
kemampuan mengidentifikasi, mengakses, memanfaatkan dan memgoptimalkan perangkat dan teknik komunikasi untuk menerima dan menyampaikan informasi kepada pihak lain


Kreativitas dan inovasi
berpikir yang divergen, berpikir yang produktif, berdaya cipta, berpikir heuristik dan berpikir lateral


Kolaborasi
mampu menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk meningkatkan sinergi.

Dan pastinya semua hal tersebut membutuhkan Pembelajaran dan Inovasi


Berfikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill)
  1. menggunakan berbagai tipe pemikiran/penalaran atau alasan
  2. Memahami interkoneksi antara satu konsep dengan konsep yang lain dalam suatu mata pelajaran, dan keterkaitan antar konsep antara suatu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya
  3. Melakukan penilaian dan menentukan keputusan dalam mengolah data dan menggunakan argumen
  4. Menguji hasil dan membangun koneksi antara informasi dan argumen
  5. Mengolah dan menginterpretasi informasi yang diperoleh
  6. Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk menyusun, mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan suatu masalah
Kreativitas dan inovasi (Creativity and Innovation)
  1. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru secara lisan atau tulisan
  2. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda
  3. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal dan Menggunakan konsep-konsep atau pengetahuannya dalam situasi baru dan berbeda
  4. Menggunakan kegagalan sebagai wahana pembelajaran
  5. Memiliki kemampuan dalam menciptakan kebaharuan berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki
  6. Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan
Komunikasi (Communication)
  1. Memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia (ICT Literacy)
  2. Menggunakan kemampuan untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi, di dalam dan di luar kelas, maupun tertuang pada tulisan
  3. Menggunakan bahasa lisan yang sesuai konten dan konteks pembicaraan dengan lawan bicara atau yang diajak berkomunikasi
  4. Selain itu dalam komunikasi lisan diperlukan juga sikap untuk dapat mendengarkan, dan menghargai pendapat orang lain, selain pengetahuan terkait konten dan konteks pembicaraan
  5. Menggunakan alur pikir yang logis, terstruktur sesuai dengan kaidah yang berlaku multi-bahasa
Kolaborasi (Collaboration)
  1. Memiliki kemampuan dalam kerjasama berkelompok
  2. Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain
  3. Memiliki empati dan menghormati perspektif berbeda
  4. Mampu berkompromi dengan anggota yang lain dalam kelompok demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
Karakteristik Pembelajaran Abad 21
Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran
TIK adalah sebagai “enabler” atau alat untuk memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta menyenangkan

Peran Pendidik
  1. Mentor
  2. Pelatih
  3. Pengarah
  4. Fasilitator
  5. Kolaborator
  6. Teman Belajar
Pengembangan  Pembelajaran Abad 21
Guru sebagai  Perencana Pembelajaran,  fasilitator dan pengelola kelas
memasukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking)
Penerapan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
Integrasi Teknologi.

Prinsip Pokok  Pembelajaran Abad 21
  1. Instruction should be student-centered.
  2. Education should be collaborative
  3. Learning should have context
  4. Schools should be integrated with society. 
Baca juga
Memanfaatkan Rumah Belajar


0 Comments

Post a Comment